Klik Stream Media adalah Perusahaan Jasa Web Hosting, Streaming dan Registasi Domain terbaik diIndonesia, mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan perusahaan Hosting lainnya.

  News Flash : Selamat datang di Klik Stream Media * Management & Karyawan Klik Stream Media "Mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah" Semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.     PROMO SEPTEMBER CERIA : Untuk Waktu Terbatas Saja di Bulan September ini dapatkan potongan 20% dari pembelian Hosting Shared, Reseller dan Unlimited Hosting. * 

Cara Mengatasi Cpanel Tidak Bisa Login

Bisa akses cPanel tetapi tidak bisa login
Ada beberapa user yang sering mengeluh karena tidak bisa login ke cPanel. Muncul tulisan “login attempt failed“. Padahal username dan passwordnya sudah benar.
Lalu saya suruh cek IP address koneksinya di ip-adress.com. Dan ternyata tidak terblokir oleh firewall.

Terus, kenapa tidak bisa login ?
Barangkali koneksi Anda sedang berganti-ganti IPnya dengan cepat dalam hitungan detik.
Anda bisa buktikan dengan membuka ip-adress.com. Buka sekarang, lalu selang 5 – 10 detik buka lagi. Terus lakukan seperti itu. Apa yang terjadi? IP nya berubah terus yahhhh ?? catat hasilnya.
Kalau berubah terus, berarti Anda sedang jadi “korban” provider internet.

Tidak bisa akses karena port cpanel terblokir firewall koneksi (LAN)
Selain karena IP yang terus berubah, ada pula tidak bisa akses ke cPanel, webmail atau WHM bisa disebabkan karena port 2982 untuk cPanel, port 2086 untuk WHM dan port 2095 untuk webmail telah terblokir oleh FIREWALL koneksi Anda. Meskipun akses ke web masih lancar-lancar saja.
Itu terjadi karena firewall koneksi Anda memblokir port yang digunakan cpanel dan webmail. Ya otomatis tidak bisa login, karena mengakses saja tidak bisa.
Hal ini bukan saja membuat repot user, tetapi juga membuat repot hoster karena terus dapat komplain akibat tidak bisa login cPanel. Padahal yang ada masalah adalah di sisi koneksi user.

Oke, daripada harus komplain ke provider ataupun hoster akibat acak IP dinamis ini ataupun karena port yang terblokir, lebih baik kita gunakan solusi berikut, yaitu menggunakan script “cPanelProxy”.
1. Buat subdomain dengan nama cpanel, whm ataupun webmail. (contoh: http://cpanel.domainqu.com, http://webmail.domainqu.com, http://whm.domainqu.com)
2. Download file cpanelproxy klik disini
3. Upload file cpanelproxy.zip tersebut ke dalam directory folder cpanel, whm dan webmail yang telah Anda buat sebelumnya pada cpanel Anda.
4. Selesai.

Silahkan coba akses dan login cpanel.domainqu.com, whm.domainqu.com serta webmail.domainqu.com

Setelah Anda login, lalu logout, lalu login lagi ke cpanel, maka pada sidebar kiri “Last login from” akan terlihat dari ”
Pada saat anda mengunjungi cPanel ‘Last login from’ akan terlihat dari “127.0.0.1 ” yang artinya sama dengan “localhost”. Logis donk karena Anda menggunakan proxy yang terinstal diserver itu sendiri. Jadi jangan khawatir terhadap hal ini.
Karena Anda dianggap login dari localhost, olehkarena itu jangan sampai salah memasukkan username dan passwordnya.

Gunakan cara ini dengan TANGGUNG JAWAB, jangan disalahgunakan!

IP statis tetapi sering terblokir firewall

Kasus lain, misal Anda menggunakan IP statis, tetapi tidak bisa login juga, kemungkinan besar karena :
1. Anda salah memasukkan username dan password lebih dari 5x sehingga IP koneksi Anda akan diblokir oleh firewall
2. Tidak pernah login ke cPanel dengan koneksi itu sebelumnya, tetapi tidak bisa login juga.

Oke, untuk kasus seperti ini, ada baiknya Anda segera menanyakan ke kami untuk dilakukan pengecekan. Jika ternyata benar terblokir, maka IP koneksi Anda akan kami masukkan dalam daftar “tidak akan terblokir” lagi untuk seterusnya.

Menggunakan IP dinamis, tetapi sering tidak bisa login
Ini juga bisa terjadi. Anda menggunakan IP dinamis. Dan ternyata ada user lain yang menggunakan provider yang sama, sialnya IPnya terblokir. Dan suatu saat IP tersebut juga terpakai ke modem Anda, maka Andapun juga tidak bisa login.

Solusinya : coba restart modem Anda berulang kali hingga bisa login.

Posting Komentar